Tugas Mata Kuliah Sistem Informasi Psikologi



PENGERTIAN SISTEM

Menurut Indrajit
Sistem adalah suatu perkumpulan komponen yang saling memiliki hubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya.
Menurut Jogianto
Sistem adalah gabungan banyak elemen yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi dalam menyelesaikan suatu tujuan tertentu. Jogianto menyatakan bahwa dapat digambarkan sebagai suatu kejadian yang nyata berupa manusia, benda, atau orang yang nyata.
Menurut Murdick, R.G
Sistem adalah suatu kumpulan elemen yang di dalamnya terdapat prosedur yang digunakan dalam rangka mencari suatu tujuan bersama melalui cara pengoperasian barang dan data pada saat tertentu. Cara ini ditujukan untuk mendapatkan data atau informasi yang diinginkan.

Menurut Harijono Djojodihardjo
Pengertian sistem adalah gabungan suatu obyek yang mempunyai hubungan baik dari segi fungsi maupun hubungan tiap-tiap ciri-ciri obyek yang dengan keseluruhan menjadi kesatuan yang mempunyai fungsi.
Berdasarkan definisi dari beberapa para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan suatu kumpulan elemen-elemen yang saling terkait satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpukan bahwa sistem adalah kumpulan kompenan-komponen yang ditujukan untuk mendapatkan data atau informasi yang diinginkan. 
PENGERTIAN INFORMASI
1.            McFadden dkk (1999) mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut. 
2.            Menurut Gordon B. Davis (1991: 28), informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
3.            Al Fatta (2007) menyampaikan informasi sebagai data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.
Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi data yang sudah diolah menjadi sesuatu yang memiliki arti bagi penerimanya.

PENGERTIAN PSIKOLOGI
1.            Menurut Branca (1964) & Sartain DKK (1967), psikoolloogi adalah ilmu tentang tingkah laku (overt behavior & inner behavior)
2.            Menurut Sigmund Freud, psikologi adalah ilmu yang mempelajari ketidaksadaran manusia.
3.            Menurut Crow & Crow, psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, ikllim, kebudayaan, dan sebagainya
Berdasarkan tokoh di atas, dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia.

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu kumpulan elemen atau alat yang berhubungan dengan data yang mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia.



SUMBER


Dakir. (1993). Dasar-dasar psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Marimin., Tanjung, H., & Prabowo, H. (2006). Sistem informasi manajemen sumber daya manusia.
Al Fatta, Hanif. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: ANDI
Hutahaean, J. (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish..
http://blogpengertian.com/pengertian-sistem-menurut-para-ahli/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku rindu kotak makan siangmu

Cover

Titip dia Tuhan..